Bertepatan dengan HUT ke-25 Kabupaten Lampung Timur, Penyuluh Perikanan hadiri Sosialisasi eFishery bagi Pembudidaya Ikan - Dewan Pimpinan Daerah IPKANI Lampung | Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia Provinsi Lampung

Dewan Pimpinan Daerah IPKANI Lampung | Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia Provinsi Lampung

Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia (DPD IPKANI) Provinsi Lampung

Breaking

Selasa, 23 April 2024

Bertepatan dengan HUT ke-25 Kabupaten Lampung Timur, Penyuluh Perikanan hadiri Sosialisasi eFishery bagi Pembudidaya Ikan

 

Senin (22/4), bertempat di Balai Desa Gantiwarno Kecamatan Pekalongan, Penyuluh Perikanan bersama Staf eFishery melaksanakan Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial dan Aplikasi eFishery.  Tujuan utama pertemuan ini adalah menjalin silahturahmi sesama pembudidaya serta memberikan solusi bagi pembudidaya untuk memperoleh pinjaman pakan berkualitas dan pemasaran hasil panen.

Agar pembudidaya ikan dapat mengenal eFishery lebih dalam, disarankan untuk membuat akun dalam media sosial eFishery.  Caranya cukup mudah, yaitu dengan men-download aplikasi eFishery kemudian mendaftarkan nomor Hp yang dimiliki dan mengisi identitas pembudidaya yang bersangkutan.
eFishery merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyedia sarana teknologi, platform digital, dan e-commerce budidaya ikan dan udang. Startup yang beroperasi sejak 2013 ini menjadi pelopor pengembangan solusi dan inovasi di sektor akuakultur, serta membantu lebih dari 100,000 pembudidaya ikan dan udang di 38 provinsi di seluruh Indonesia.
Produk aplikasi di dalam eFishery yang dapat dimanfaatkan pembudidaya adalah produk bernama eFisheryFeed, eFisheryFund, dan eFisheryFresh.
eFishery melalui eFisheryFeed bekerjasama dengan berbagai merek pakan ikan dan udang untuk memastikan distribusi pakan yang lebih mudah. Pembudidaya dapat menyesuaikan jenis pakan yang sesuai dengan kebutuhan karena merek pakan yang tersedia lebih variatif. Selain itu, pembudidaya juga dapat memperoleh pakan dengan harga yang kompetitif.
eFisheryFund pun hadir dari keresahan para pembudidaya akan sulitnya mengakses layanan pembiayaan/finansial dari berbagai lembaga keuangan yang ada. Pada umumnya, lembaga keuangan enggan memberikan pinjaman untuk pekerja di sektor non-formal seperti pembudidaya ikan. eFisheryFund menghubungkan pembudidaya ikan secara langsung dengan lembaga keuangan untuk meningkatkan akses mereka terhadap pendanaan.
Komponen utama eFisheryFund adalah eFisheryKabayan (Kasih, Bayar Nanti) yang mengusung sistem yang serupa dengan sistem paylater.  eFisheryKabayan merupakan sebuah fasilitas yang menyediakan pembiayaan bagi pembudidaya ikan yang dapat digunakan untuk mendapatkan produk-produk eFishery, termasuk eFisheryFeeder dan eFisheryFeed.  eFisheryFeeder menjadi solusi bagi pembudidaya ikan dan udang berupa alat pemberi pakan ikan dan udang otomatis atau auto feeder melalui teknologi Internet of Things (IoT) yang dapat dioperasikan melalui smartphone.

Untuk mendukung layanan di hilir, eFishery menghadirkan eFisheryFresh sebagai platform online untuk menghubungkan pembudidaya ikan dan udang dengan pelanggan mereka (baik konsumen akhir hingga pedagang). Layanan ini memungkinkan kedua pihak, baik pembeli maupun pembudidaya, mendapatkan harga yang baik dan transparan.
Di akhir pertemuan, para pembudidaya yang telah bergabung menjadi mitra eFishery menyampaikan pengalamannya (testimony) dimana pekerjaan mereka sangat terbantu dengan kehadiran eFishery.  Pembudidaya juga berharap eFishery dapat memberikan tambahan jumlah pakan dan kemudahan dalam administrasi-nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar