Peran Penting Penyuluh Perikanan dalam Pelatihan Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber) di Kabupaten Lampung Timur - Dewan Pimpinan Daerah IPKANI Lampung | Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia Provinsi Lampung

Dewan Pimpinan Daerah IPKANI Lampung | Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia Provinsi Lampung

Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia (DPD IPKANI) Provinsi Lampung

Breaking

Kamis, 30 November 2023

Peran Penting Penyuluh Perikanan dalam Pelatihan Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber) di Kabupaten Lampung Timur

 Margatiga, 24 November 2023 (Jumat, lalu) bertempat di Balai Desa Tanjung Harapan Kecamatan Margatiga dilaksanakan kegiatan Pelatihan Budidaya Ikan dalam Ember oleh Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Lampung Timur.  Pelatihan Budikdamber tersebut melibatkan 50 orang peserta sebagian besar kaum ibu yang berasal dari desa Tanjung Harapan, Negerikaton, Surya Mataram Kecamatan Margatiga dan desa Tamanbogo Kecamatan Purbolinggo.


Pelatihan tersebut dihadiri Kepala Bidang Penguatan Daya Saing Produk Perikanan dan Peternakan (Patwikanti, S.Pt) mewakili Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Lampung Timur, Camat Margatiga dan Kepala Desa Tanjung Harapan (selaku tuan rumah).  Sebagai narasumber Pelatihan Budikdamber tersebut, Dinas Perikanan dan Peternakan menunjuk Penyuluh Perikanan BRPPUPP Palembang wilker Lampung Timur (Mas Udianto, S.Pi).

Kepala Bidang PDSPPP dalam sambutannya menyampaikan tentang perlunya pelatihan Budikdamber ini untuk membantu kaum ibu (ibu rumah tangga) meningkatkan konsumsi protein hewani yang berasal dari ikan agar anak-anaknya dapat tercukupi gizinya sehingga tidak terjadi stunting pada anak.  Bupati Lampung Timur melalui Dinas Perikanan dan Peternakan memiliki komitmen untuk mengurangi kasus stunting dengan membantu kaum ibu meningkatkan gizi keluarganya.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama.  Sehingga anak memiliki tinggi badan dibawah rata-rata anak normal seusianya.  Stunting berpotensi memperlambat perkembangan otak, dampak jangka panjang-nya berupa keterbelakangan mental, rendahnya kemampuan belajar, dan resiko serangan penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi hingga obesitas.




Untuk mengurangi resiko jangka panjang pada anak akibat stunting maka Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Lampung Timur memberikan bantuan kepada keluarga yang memiliki anak balita berkecukupan gizi rendah berupa media budikdamber, benih ikan lele, dan pakan pellet.



Penyuluh Perikanan menyampaikan tentang teknik dan cara mudah berbudidaya ikan dalam ember skala rumah tangga.  Kelebihan budikdamber ini adalah praktis, tidak membutuhkan tempat yang luas dan air yang banyak, dapat digabungkan dengan budidaya sayuran (kangkung, sawi/pokcay) dan terkontrol kebersihan (higienitas) ikan budidaya.

Melalui pelatihan budikdamber ini diharapkan para ibu rumah tangga dapat memanfaatkan tempat yang ada untuk berbudidaya ikan dan sayuran agar terpenuhi gizi keluarga khususnya anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar