Aksi Penyuluh Perikanan di Kabupaten Way Kanan Ikut Menyukseskan Penebaran Benih Ikan di Sungai Way Besai - Dewan Pimpinan Daerah IPKANI Lampung | Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia Provinsi Lampung

Dewan Pimpinan Daerah IPKANI Lampung | Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia Provinsi Lampung

Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia (DPD IPKANI) Provinsi Lampung

Breaking

Jumat, 24 November 2023

Aksi Penyuluh Perikanan di Kabupaten Way Kanan Ikut Menyukseskan Penebaran Benih Ikan di Sungai Way Besai

Baradatu - Sebuah aksi penyuluh perikanan yang luar biasa telah berhasil menyukseskan penebaran benih ikan di Sungai Way Besai, Kecamatan Baradatu, Kabupaten Way Kanan pada tanggal 24 November 2023. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan produksi perikanan, tetapi juga sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesadaran akan fungsi lingkungan hidup di kalangan masyarakat.


Dengan semangat yang penuh, penyuluh perikanan beserta Dinas Perikanan Kabupaten Way Kanan, Aparat Kampung setempat, Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) dan masyarakat sekitar sungai turut serta dalam aksi ini. Mereka menebar benih ikan sejumlah 120,000 ekor benih ikan mas dan patin yang siap untuk ditebarkan di perairan umum Sungai Way Besai. Penebaran benih ikan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan populasi ikan di wilayah tersebut, khususnya di wilayah Karang Lantang Kecamatan Kasui, Banjar Sari Kecamatan Baradatu, Sukosari Kecamatan Baradatu dan Serupa Indah Kecamatan Pakuan Ratu yang merupakan wilayah yang dialiri sungai Way Besai.


Koordinator Penyuluh Perikanan, Saudara Joko Widodo, A.Md., S.PKP, menjelaskan bahwa kegiatan ini bukan hanya sekadar aksi penebaran benih ikan, tetapi juga sebagai bagian dari upaya mengedukasi masyarakat sekitar akan pentingnya menjaga keberlanjutan ekosistem perairan. "Dengan meningkatkan populasi ikan di Sungai Way Besai, kita dapat menciptakan lingkungan hidup yang sehat dan seimbang," ungkapnya.


Aksi ini mendapatkan dukungan luas dari masyarakat setempat, yang turut berpartisipasi dalam kegiatan penebaran benih ikan. Para warga tidak hanya menyaksikan, tetapi juga turut serta dalam proses penebaran benih ikan tersebut. Hal ini menciptakan ikatan emosional antara masyarakat dan lingkungan mereka, sekaligus meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga keberlanjutan sumber daya alam.


Kepala Bidang Perikanan Budidaya, Bapak Bayu Nurcahyo, S.Pi. menyambut baik aksi penyuluh perikanan dan mengapresiasi kontribusi mereka dalam ikut menyukseskan kegiatan ini dalam rangka pelestarian lingkungan. "Kami berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan mengoptimalkan sumber daya perikanan," katanya.

Kepala Bidang Perikanan Budidaya Perikanan Tangkap dan Peningkatan Daya Saing, Bapak Eko Rahmad, S.Pi., MM. juga mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan perairan. "Lingkungan yang sehat adalah kunci keberlanjutan perikanan. Melalui edukasi dan partisipasi aktif masyarakat, kita dapat bersama-sama menjaga kelestarian sumber daya perikanan dan ekosistem perairan yang menjadi aset berharga bagi kita semua."


Sekretaris Dinas Perikanan Kab. Way Kanan, Ibu Kurniati Bunga Mayang, SE., MM., mewakili Plt. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Way Kanan, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, menegaskan pentingnya sinergi antara pemerintah daerah, masyarakat, dan pihak terkait dalam menjaga keberlanjutan perikanan. "Kegiatan seperti ini merupakan contoh bagaimana kolaborasi antara berbagai pihak dapat menciptakan dampak positif yang signifikan. Dinas Perikanan Kabupaten Way Kanan akan terus mendukung upaya-upaya seperti ini untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan di sektor perikanan."


Aksi penyuluh perikanan yang menyukseskan penebaran benih ikan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lain untuk melakukan kegiatan serupa. Melalui kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan para ahli, kita dapat menciptakan lingkungan yang berkelanjutan dan sehat bagi generasi mendatang. (HDS).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar