Binaan Penyuluh Perikanan Bantu (PPB) Kab. Way Kanan Lampung Menjadi Tenant Inbis Invapro-KP BBP3KP Tahun 2023 - Dewan Pimpinan Daerah IPKANI Lampung | Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia Provinsi Lampung

Dewan Pimpinan Daerah IPKANI Lampung | Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia Provinsi Lampung

Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia (DPD IPKANI) Provinsi Lampung

Breaking

Minggu, 21 Mei 2023

Binaan Penyuluh Perikanan Bantu (PPB) Kab. Way Kanan Lampung Menjadi Tenant Inbis Invapro-KP BBP3KP Tahun 2023

Kamis (16 Februari 2023), Workshop Pembekalan Program Inkubasi Bisnis (Inbis) Invapro-KP BBP3KP Tahun 2023 diselenggarakan di Jakarta tepatnya di The Sultan Hotel & Residence Jakarta yang berlangsung selama 3 hari (16 - 18 Februri 2023).

      Inbis Invapro-KP merupakan program pembinaan, pendampingan dan pengembangan performa inovasi tenant produk kelautan dan perikanan yang diberikan oleh BBP3KP sebagai lembaga inkubator kepada pelaku UMKM pengolah dan pemasar produk kelautan dan perikanan. 

      Binaan Penyuluh Perikanan Bantu (PPB) Kabupaten Way Kanan "UMKM Dapur Way Kanan" Provinsi Lampung menjadi salah satu dari 18 tenant terpilih Inbis Ivapro-KP tahun 2023 dengan total yang terdaftar 117 (UMKM, CV, maupun PT) berasal dari seluruh Indonesia.

        Workshop Inbis Invapro-KP dibuka langsung oleh Bapak Mahmud selaku Sesdirjen PDSPKP yang sekaligus memberikan arahan, mengapresiasi bagi tenant yang terpilih serta menyampaikan program Ditjen PDSPKP dalam mendukung pengembangan UMKM khususnya dibidang kelautan dan perikanan. Acara selanjutnya penandatanganan PKS antara Kepala BBP3KP Ibu Dr. Trisna Ningsih, A.Pi, S.Pi, M.Si dengan perwakilan tenant UMKM yang disaksikan langsung oleh Sesdirjen PDSPKP "harapannya agar tenant dapat selalu berkomitmen melaksanakan program kegiatan selama satu tahun dalam mengembangkan usaha yang inovatif, mandiri dan berdaya saing", ujar Ibu Trisna.

      Paparan selanjutnya penjelasan program Inbis Invapro-KP BBP3KP oleh Bapak Dr. Adi Wibowo, S.Pi, M.Si, beliau menjelaskan pendampingan dan fasilitas yang akan tenant terima pada kegiatan ini. Materi pertama yang disampaikan oleh Bapak Mohamad Firsan, C.STMI tentang "Kemasan Menarik untuk produk UMKM serta mengevaluasi kemasan produk dari masing-masing tenant", beliau merupakan owner dari rumah kemasan Bandung. 


        Kegiatan Workshop dihari berikutnya dengan pembekalan materi oleh BBP3KP seperti : Perizinan usaha, Kelayakan Dasar Pengolahan (GMP & SSOP), Sertifikasi SNI Produk Perikanan, Akses Permodalan bagi UMKM, Manajemen usaha (penyusunan business canvas, aplikasi pembukuan dan analisa usaha, laporan keuangan dan cashflow), serta membantu mempromosikan produk perikanan melalui pemasaran digital. 


     Kegiatan hari terakhir monitoring evaluasi dan pelaporan tenant Inbis Invapro-KP yang disampaikan oleh Bapak Dr. Adi Wibowo, S.Pi, M.Si. Serta arahan dan penutupan oleh Ibu Dr. Trisna Ningsih, A.Pi, S.Pi, M.Si. (TM)

#PenyuluhPerikananBantu
#LuhkanWayKanan
#IPKANILampung
#GiatLuhkanSatminBRPPUPP
#InbisInvapro-KP
#BBP3KP


Tidak ada komentar:

Posting Komentar