Penyuluh Perikanan KKP Siap Menyukseskan Program e-KPB Sektor Perikanan di Kabupaten Way Kanan - Dewan Pimpinan Daerah IPKANI Lampung | Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia Provinsi Lampung

Dewan Pimpinan Daerah IPKANI Lampung | Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia Provinsi Lampung

Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia (DPD IPKANI) Provinsi Lampung

Breaking

Rabu, 28 Desember 2022

Penyuluh Perikanan KKP Siap Menyukseskan Program e-KPB Sektor Perikanan di Kabupaten Way Kanan

Banjit - Rabu, 28 Desember 2022, diselenggarakan acara sosialisasi program Kartu Petani Berjaya, di Kampung Bali Sadhar Selatan, Kecamatan Banjit. Program Kartu Petani Berjaya ini merupakan salah satu program prioritas Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi.


Acara sosialisasi ini secara resmi dibuka oleh Ibu Kurniati Bunga Mayang, SE., M.M, selaku Sekretaris Dinas Perikanan Kab. Way Kanan, menghadirkan Bapak Makmur Hidayat, M.M Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung dan Bapak Andes dari Bank Lampung cabang Baradatu sebagai pembicara. staf Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung, staf Dinas Perikanan Kabupaten Way Kanan, seluruh penyuluh perikanan dan pembudidaya ikan dan pemasar Ikan dari Kecamatan Banjit dan sekitarnya sebagai peserta. 

Program KPB adalah suatu program, yang menghubungkan semua kepentingan perikanan dengan tujuan mencapai kesejahteraan pembudidaya, nelayan serta pemasar dan pengolah ikan dan semua pihak yang terlibat dalam proses perikanan secara bersama-sama.


Sosialisasi ini bertujuan mengajak semua pelaku usaha perikanan untuk memanfaatkan program e-KPB. Program ini memiliki layanan akses permodalan perbankan, koperasi, LKM dan akses keuangan yang sah. Pembinaan Manajemen usaha dan teknologi dalam pendampingan, pengendalian, pengawasan dan evaluasi. Penanganan panen dan pasca panen. Jaminan kecelakaan kerja (BPJS Ketenagakerjaan) dan Beasiswa untuk anak pelaku usaha Kelautan dan Perikanan. 

Acara selanjutnya penyampaian dari Pak Imam tentang mekanisme pendaftaran (registrasi) Anggota Baru yang mewajibkan data NIK pribadi yang valid, calon anggota dapat mendaftarkan secara mandiri atau didaftarkan oleh kelompok, penyuluh dan atau Dinas. 


Acara yang dilanjutkan dengan diskusi antara narasumber dan seluruh pembudidaya ikan yang hadir yang berlangsung secara interaktif dan antusias peserta sosialisasi cukup tinggi.

Aplikasi Kartu Petani Berjaya bisa diunduh melalui playstore dengan keyword `Kartu Petani Berjaya`. Selain pelaku usaha Kelautan dan perikanan dapat mengakses informasi melalui www.e-kpb.lampungprov.go.id.


Penyuluh perikanan di Kabupaten Way Kanan siap menyukseskan program Kartu Petani Berjaya ini, melalui sosialisasi kepada seluruh pelaku utama / pelaku usaha perikanan di Kabupaten Way Kanan yang tidak sempat hadir pada acara ini, mengawal dan mendampingi proses registrasi dan pemanfaatan program e-KPB, salah satunya e-form pengajuan pembiayaan KUR via e-KPB. (TM/HDS/JKW).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar