Temu Lapang dan Monitoring Demplot Budidaya Bawal Bintang di KJA - Dewan Pimpinan Daerah IPKANI Lampung | Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia Provinsi Lampung

Dewan Pimpinan Daerah IPKANI Lampung | Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia Provinsi Lampung

Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia (DPD IPKANI) Provinsi Lampung

Breaking

Senin, 17 Desember 2018

Temu Lapang dan Monitoring Demplot Budidaya Bawal Bintang di KJA

DPC IPKANI Kota Bandar Lampung - Temu Lapang dan Monitoring Demplot Budidaya Bawal Bintang di KJA oleh Penyuluh perikanan Kota Bandar Lampung hari ini, Senin, 17 Desember 2018 berlangsung sukses.
Acara temu lapang Demplot Budidaya Bawal Bintang di KJA
Demonstrasi Plot (Demplot) Budidaya Ikan Bawal Bintang di Keramba Jaring Apung (KJA) merupakan program percontohan penyuluh perikanan yang dilaksanakan oleh Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan (BRPPUPP) Palembang.

Kegiatan Sekolah lapang merupakan rangkaian kegiatan demonstrasi plot yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan peningkatan pengetahuan bagi para pelaku utama terutama yang tergabung dalam Kelompok SINGA LAUT yang diketuai oleh Bapak Warlu. Kelompok ini berada di wilayah Perairan Teluk Lampung, Pulau Pasaran, Teluk Betung Timur, Bandar Lampung.

Salah satu materi yang disampaikan pada acara sekolah lapang adalah materi tentang teknis budidaya ikan Bawal Bintang di KJA. Selain mengundang anggota kelompok SINGA LAUT, sekolah lapang juga dihadiri oleh pembudidaya lainnya di Pulau Pasaran dan sekitarnya.

Adapun hasil monitoring terhadap kegiatan demplot budidaya Bawal Bintang yang telah memasuki masa pemeliharaan selama 114 hari, dari tebar 2000 ekor dan ukuran 13 - 15 gram diperoleh Ikan Bawal Bintang yang terbagi 3 ukuran yaitu S, M, L.

Ukuran S dengan berat rata rata 150 gram, M 350 gram dan L 450 gram. Ukuran S sebanyak 400 ekor, M sebanyak 800 ekor, dan L 600 ekor. Pakan yg sudah di habiskan 920 kilogran dengan tingkat kelulusanhidupkan diperkirakan sekitar 90 persen (Samsun Aribama/HDS/Mbw).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar